Jumat, 09 September 2011

KUMPULAN aRTIKEL oTOMOTIF

Berikut adalah beberapa artikel otomotif yang sengaja saya kumpulkan. Ada yang beberapa artikel yang saya buat sendiri (khususnya di tips) dan lainnya googling aja (maklum yah kalau kebanyakan berbahasa Inggris).
Namun, semuanya disesuaikan dengan apa yang saya pahami dan pernah alami.
Kerja Mesin

Bagaimana kerja mesin 4-langkah (4-tak)?
Dilengkapi dengan animasi bagaimana kerjanya dan bagaimana menyetel katup buang dan isap serta menyetel mesin penggerak.
Penjelasan lebih lanjut dapat ditemui di http://www.keveney.com/otto.html dan fuel engine bible
Bagaimana Kerja Mesin 2-langkah (2-tak)?
Mesin ini paling sering dijumpai di motor era 90-an
Sistem aliran bahan bakar (bensin) dari tangki sampai karburator. Pastikan ini oke, atau mesin mobil Anda tiba-tiba mati saat melaju seperti kehabisan bensin.
Sistem pengapian
Hehehe, jadi pengen makai CDI di mobil ’77 ku, biar bisa langsung ‘jreng’ saat di starter pagi hari. Habis, masih pakai sistem mekanik dengan distributor dan coil.
Ingin tahu bagaimana cara kerja mesin bensin? baca prinsip-prinsip karburator dan setelan-setelannya. Mobilku Honda Civic’76 cukup hemat juga loh bisa 1:13 padahal CC sampai 1500cc, karena sudah dimodif menggunakan karburator kijang. Lumayan, Cimahi-Slawi 285km, isi bensin 100rb (22 lt). Masih sisa lagi.
Cara Kerja Kopling Non Full Clutch

Tips

Mesin mobil Anda tidak bisa dinyalakan? atau saat dalam perjalanan, mesin tiba-tiba mogok? Berikut adalah tips mengatasinya sebelum Anda memanggil montir
Bisa jadi akibat sekering, mesin mobil mati
Menghemat bensin dengan setelan karburator. Pengalaman mas Moel ngoprek motornya
Mengetahui setelan campuran bensin-udara dengan melihat kondisi dan warna busi. Kondisi busi yang kering, hitam mengindikasikan too-rich, sedangkan busi yang putih atau abu-abu terang mengindikasikan too-lean. Yang seimbang adalah abu-abu kecoklatan

Mengganti ignition coil

Onderdil

Busi atau istilah tekniknya spark plug untuk pengapian
CDI atau Capacitor discharge ignition
Prinsip-prinsip dasar CDI. Hey, ada rangkaian CDI yang bisa diimplementasikan loh, di sini. Tapi belum mudheng.
Ignition coil yang mengubah tegangan 12Volt dari aki jadi tegangan 40 kVolt untuk didistribusikan ke busi lewat distributor. Bagaimana dalamannya coil ini dapat dilihat di sini
Distributor. Pendistribusi tegangan tinggi dari koil ke busi untuk pengapian

Ide Kreatif

Membuat electric car? David Rowe menyulap mobil Daihatsu Charade ’91 menjadi mobil listrik bertenaga baterei

http://edwidianto.wordpress.com/2008/10/17/kumpulan-artikel-otomotif/

Mobil Penjelajah

Selama 11 tahun, mobil antik ini sudah mampir ke empat benua! Meski kelihatan kuno tapi mobil ini masih kuat, lho. Herman Zapp, dialah pemilik yang mengendarai mobil ini bertualang.

Bagi sang petualang, Zapp, mobil antik ini sudah seperti rumah. Semua kegiatan ia lakukan bersama istri, Candelaria Zapp dan empat orang anaknya masing-masing Pampa (8), Tehue (5), Paloma (3) serta si bungsu Wallaby (1).
Mobil antik

Nah, ini dia mobil antik yang setia selama 11 tahun berkeliling dunia. Foto: Barcrot Media

Di mobilnya, sudah tersedia alat-alat bengkel untuk memperbaiki si mobil antik jika sedang bermasalah.

Tapi, sejauh ini, mobil yang ia gunakan itu hanya mengalami ban bocor saja. Selebihnya, mobil ini terus melaju menemani keluarga Zapp.

Keluarga Zapp tidak pernah tinggal menetap dan sekarang, mereka mampir ke Indonesia, tepatnya, ke daerah Dumai, Riau.

Kedatangan dan mobil antik mereka mengundang perhatian banyak orang. Di penginapan yang mereka tinggali pun akhirnya menjadi tontonan.

Zapp sudah bercita-cita bersama keluarganya untuk hidup sambil melihat dunia luar. Sst, katanya, benua asia termasuk Indonesia adalah benua yang cantik dibandingkan Eropa dan Amerika.

Apalagi Indonesia, kata Zapp lagi, punya kekayaan alam yang mengaggumkan. Perjalanan keliling dunia ini pun dituliskan dalam sebuah buku. Dan hasilnya? Buku itulah yang digunakan untuk membiayai hidupnya.


http://www.kidnesia.com/Kidnesia/Sekitar-Kita/Pengetahuan-Umum/Mobil-Penjelajah

Mobil Antik Penjelajah Dunia, Singgah Di Indonesia

Telah Keliling 4 Benua Selama 11 Tahun, Mobil Ini Mampir di Dumai Riau
Foto : Google Image

Senin, 6 Juni 2011 | 23:05 WIB

Dumai, Riau – Sebuah mobil antik milik keluarga Herman Zapp yang berasal dari Argentina saat ini singgah di Kota Dumai, Provinsi Riau. Mobil yang sekaligus berfungsi sebagai rumah ini kabarnya telah berkeliling dunia selama kurang lebih 11 tahun dan akan melanjutkan perjalan ke Malaka, Malaysia.

Herman Zapp dan istri, Candelaria Zapp beserta empat orang anaknya, Pampa (8), Tehue (5), Paloma (3) serta si bungsu Wallaby (1) terpantau di salah satu penginapan di Kota Dumai, Minggu malam (5/6). Herman Zapp mengatakan ia dan keluarganya berada di Kota Dumai sejak Jumat (3/6).

Mobil antik "Graham Paige" Model 610 yang diperkirakan buatan tahun 1928 yang berada di parkir penginapan tak ayal menarik perhatian sejumlah orang.

"Di negara tempat asal saya, banyak yang menarik, namun tidak puas rasanya jika tidak mencari sesuatu yang berbeda. Dengan berkeliling dunia menggunakan mobil, saya dapat lebih merasa puas," kata Herman.

Ia mengaku hidup tidak menetap dengan mobil sebagai rumah dan berpergian ke berbagai tempat di dunia sudah dijalaninya selama 13 tahun. Dimulai pada tahun 2000, dengan mobilnya tersebut ia telah menjelajahi empat benua selama kurun waktu 11 tahun.

Ia mengatakan kendala seperti kecelakaan sangat jarang dialami olehnya. Ban bocor karena paku adalah hal yang paling sering dialaminya. Itupun dapat teratasi dengan mudah, karena segala peralatan di bagasi cukup lengkap.

Herman Zapp juga mengku bahwa benua Asia merupakan benua yang begitu mengesankan karena memiliki keindahan alam dan bahasa yang beragam. "Eropa dan Amerika bagi saya biasa saja, namun Asia adalah sebuah keindahan," kata Harman Zapp.

Selama berkeliling di empat benua ia mencari biaya hidup dengan menulis buku yang mengisahkan perjalanan hidup mereka dan terbukti mampu menghasilkan uang yang cukup untuk memenuhi segala kebutuhan hidup mereka. Jika begitu mendesak, terkadang keluarga ini juga mengharapkan adanya sukarelawan yang memberi mereka sumber kehidupan, makan dan minum.

"Tidak ada yang sulit jika kita mau. Kepuasan merupakan yang utama," demikian pernyataan Herman Zapp. (Ant)

http://nasional.cukupsatu.com/news/read/2011/06/06/1852/mobil-antik-penjelajah-dunia-singgah-di-indonesia

Membuat sendiri alat penghemat bensin

Di tengah tingginya biaya hidup yg harus kita tanggung saat ini,berbagai cara dilakukan untuk dapat meminimalkan biaya pengeluaran.Salah satunya dgn meminimalkan biaya/ongkos transportasi.Namun itupun sungguh sulit di lakukan pada saat-saat seperti sekarang.Di karenakan naiknya harga bahan bakar minyak yg otomatis menambah beban pengeluaran untuk biaya transportasi.Apalagi bagi mereka yg menggantungkan hidupnya dari alat transportasi tsb.Bagi pengguna moda transportasi kendaraan roda dua,mungkin hal tsb tidak terlalu memberikan dampak yg terlalu membebani.Namun alangkah baiknya bagi para pengguna moda ini pun dapat mengurangi biaya transportasinya tanpa mengurangi mobilitasnya.Namun bagaimana hal itu dapat terwujud,jikalau kita tetap melakukan aktifitas normal tetapi tetap mengurangi ongkos dari mobilitas yg kita lakukan tsb.Jawabannya adalah penghematan penggunaan bbm yg seefisien mungkin(seirit mungkin).Banyak alat penghemat bahan bakar yg di tawarkan,namun alangkah baiknya jikalau kita dapat membuatnya sendiri yg tentunya lebih murah dari pada kita harus membeli.
Berikut sebuah tips pembuatan alat penghemat bahan bakar untuk sepeda motor dari saya yg sangat mudah dan murah dalam pembuatannya.
Prinsip alat penghemat bahan bakar ini ialah:Menyempurnakan pembakaran di ruang bakar(mesin)dgn cara memperbesar arus pengapian yg di letikkan oleh busi untuk membakar bensin pada ruang bakar.Sebenarnya ada banyak cara untuk melakukan hal tsb.namun saya hanya akan menerangkan satu cara yg menurut saya paling mudah dan murah.Hal yg harus di lakukan hanyalah memotong Cop busi kira-kira sekitar 5mm dari sudut Cop busi tsb.maka anda akan mendapatkan sebuah benda yg berbentuk seperti sekring batang di dalamnya.Saya kurang tahu apa nama benda tsb,namum dari hasil pengukuran menggunakan ohmmeter dapat disimpulkan bahwa alat tsb berfungsi sebagai resistor.Dan dari hasil pengukuran pula dapat di ketahui bahwa nilai hambatan arus resistor tsb adalah: pada sepeda motor yamaha bebek sekitar 10 k0hm,dan pada motor bebek honda sekitar k5 kilo ohm.Nah inilah benda yg harus anda ganti dgn nilai hambatan yg lebih kecil ataupun nol hambatan.Bahan pengganti resistor tsb dapat kita ganti dgn bahan bermaterial besi yg kita tahu memiliki nilai hambatan nol.Maka kitapun dapat mengganti resistor tsb dgn sebuah baut atau sekrup dari besi yg mempunnyai dimensi yg sama dgn resistor tsb. Selanjutnya kita lem kembali Cop busi tsb menggunakan lem besi,dan biarkan lem tsb mengeras selama satu malam.Selesai sudah alat penghemat bahan bahan bakar yg kita buat.Dari pengalaman saya yg telah menggunakan Cop busi yg telah di modifikasi tsb,saya dapat merasakan dampak penghematan bahan bakar sekitar 20%.Dan juga akselerasi motor saya jauh lebih cepat dan gesit setelah memakai Cop busi tsb.Hal tsb dapat pula di lihat pada ujung busi(elektroda)yg menjadi jauh lebih bersih, yg menandakan bahwa bensin yg terbakar jauh lebih banyak dari sebelumnya.Demikian tips dari saya,semoga bermanfaat bagi kita semua.


http://my.opera.com/Dishadwi/blog/show.dml/2511796

HIDROLIK MOTOR

Tips dalam memilih Hidrolik Motor atau Hidrolik Mobil :

* Pastikan bahwa casing daripada tabung hidrolik itu terbuat dari bahan besi seamless dengan ketebalan minimal 6 mm. Jika ternyata besi yang dipergunakan tidak menggunakan type besi jenis seamless maka resiko casing atau tabung hidrolik tersebut retak atau pecah sangatlah tinggi. Apa yang terjadi bila ternyata casing atau tabung tersebut pecah? Yang terjadi adalah hidrolik anda tidak akan bisa dipergunakan untuk mengangkat kendaraan (motor/mobil). Dan oli yang terdapat di dalam casing atau tabung hidrolik tersebut akan jauh berkurang. Bagaimana cara perbaikannya? Tabung atau casing hidrolik tersebut harus diangkat dari lubangnya. Proses pengangkatan ini, jauh lebih sulit dibandingkan dengan proses penanaman. Dan biayanya pun bisa dua kali lipat dari biaya pemasangan. Nah oleh sebab itu, janganlah anda bermain-main dengan hidrolik motor atau hidrolik mobil yang harganya sangat murah. Biar bagaimanapun juga, pedagang atau penjual mana yang tidak ingin memperoleh untung. Biasanya mereka akan berusaha menurunkan harga jual tapi dengan syarat quality daripada produk yang mereka jual akan jauh berkurang. Maka berhati-hatilah. Bukan untung yang anda dapat malah rugi yang akan anda derita.
* Pastikan piston yang berada di dalam tabung hidrolik tersebut tidak mengalami kecacatan fisik. Jika ini yang terjadi, maka sudah dapat dipastikan akan ada kebocoran oli dari sela-sela seal hidrolik.
* Pada saat pemasangan hidrolik motor ataupun hidrolik mobil, pastikan lokasi usaha anda belum di renovasi. Paling tidak, bagian lantai daripada lokasi anda yang akan dipasangi hidrolik.
* Penjempit roda sepeda motor yang terletak diatas meja atau table hidrolik motor tidaklah berfungsi sebagai mana mestinya. Maksud adanya penjempit ini adalah agar sepeda motor yang diletakkan diatas meja hidrolik motor tersebut tidak jatuh. Jatuhnya sepeda motor dari atas meja hidrolik motor semata-mata disebabkan karena standart dua dari sepeda motor tersebut sudah tidak layak pakai lagi. Atau si pemilik sepeda motor tadi sudah merenovasi bagian belakang sepeda motor (Shock Breaker belakang ditinggikan, Ban belakang dibesarkan). Pada hakekatnya bila ingin merenovasi bagian belakang sepeda motor, hendaklah standart dua nya ditambahi besi lagi. Sehingga pada saat sepeda motornya di standart dua, ban belakang tetaplah menggantung.

Tips pemasangan Hidrolik Motor atau Hidrolik Mobil:

* Pastikan lubang sudah digali dengan kedalaman sesuai dengan standart yang diberikan.
* Pastikan anda menggunakan besi galvanis dalam pemasangan instalasi pipa angin untuk hidrolik motor atau hidrolik mobil.
* Pastikan pekerjaan pemasangan instalasinya dikerjakan oleh teknisi yang memang sudah ahli dalam pemasangan ini.
* Pastikan ketelitian dalam pemasangan hidrolik motor atau hidrolik mobil. Karena bila hidrolik tersebut telah tertanam di dalam tanah, dan kemudian didapati adanya kebocoran pada instalasi pipa bawah tanah, maka besar kemungkinan hidrolik tersebut harus diangkat kembali dari bawah tanah. Proses ini akan memakan waktu yang lebih lama lagi dibandingkan dengan proses penanamannya.
* Anda pastinya berharap bahwa pemasangan instalasi pipa untuk hidrolik motor atau hidrolik mobil anda terpasang rapi dan teliti. Akan tetapi anda harus berhati-hati. Banyak teknisi yang membandrol jasa pemasangan instalasi hidrolik ini dengan harga yang sangat murah. Jika demikian, janganlah anda terlalu banyak berharap kalau nantinya anda akan puas dengan pekerjaan mereka. Cenderung pekerjaan mereka lebih bersifat asal-asalan atau asal jadi. Karena mereka dibayar hanya seadanya saja. Jika anda memang mengharapkan hasil pemasangannya itu rapi dan teliti, janganlah anda terlalu mencekik budget untuk pemasangan. Biar bagaimanapun juga yang akan dirugikan atau diuntungkan adalah anda sendiri bukan orang lain.

Tips perawatan Hidrolik Motor atau Hidrolik Mobil:

* Pastikan tidak ada pasir halus atau kotoran yang melekat pada piston pada saat piston dari hidrolik tersebut dikembalikan ke bawah tanah.
* Hendaknya bersihkan terlebih dahulu pistonnya dengan alat semprot air atau yang lebih dikenal dengan mesin steam yang anda pergunakan. Setelah bersih barulah pistonnya diturunkan.
* Jadwalkan pemeriksaan oli di dalam tabung hidrolik anda sebulan sekali. Jangan sampai oli di dalam dalam tabung hidrolik anda kurang. Hal ini akan mengakibatkan naik turunnya piston hidrolik anda tidak stabil, kadang pelan, kadang cepat. Hal ini sangat berbahaya.
* Oli yang berada di dalam tabung tidak perlu dikuras atau diganti olinya pada kurun waktu tertentu. Yang ada adalah hanya menambah saja. Walaupun tidak ada kebocoran tapi oli yang ada di dalam tabung pasti akan berkurang.

Tips dalam memilih shampoo:

* Pergunakanlah shampoo yang ramah lingkungan (PH = 7).
* Usahakan menggunakan shampoo yang berkualitas, jangan shampoo yang asal jadi. Shampoo jenis ini banyak sekali beredar dipasaran. Jika anda menggunakan shampoo seperti ini, sudah pasti konsumen anda yang dirugikan, dan hal ini akan berimbas pada kemajuan usaha anda.
* Pergunakan shampoo yang sudah dilengkapi dengan WAX.
* Pastikan shampoo yang anda gunakan tidak merusak CAT KENDARAAN. Shampoo jenis ini biasanya dijual dengan harga yang sangat murah. Sekali lagi HARGA TIDAKLAH BERBOHONG.

Tips dalam memilih semir ban:

* Lakukan ujicoba semir ban yang anda beli pada ban kendaraan anda terlebih dahulu.
* Pastikan kalau semir ban tersebut memang benar-benar mampu melindungi ban kendaraan dari kotoran yang melekat di ban kendaraan.

Tips dalam memilih toko yang menjual peralatan usaha (online maupun off line):

* Pastikan bahwa toko tersebut memiliki teknisi yang nantinya dapat membantu anda bila anda mengalami kesulitan dengan produk yang anda beli.
* Pastikan bahwa teknisi tersebut memang benar-benar mengetahui akan seluk beluk daripada mesin yang anda beli.
* Jangan tergiur dengan janji manis pemilik toko atau karyawan toko tersebut. Biasanya mereka memberikan GARANSI yang terlalu berlebihan. Pada dasarnya GARANSI ini berlaku dengan banyaknya ketentuan.
* Pastikan bahwa toko tersebut memang benar-benar mengerti akan bisnis usaha cuci motor. Jangan tergiur dengan analisa usaha yang terlalu berlebihan. Karena pada dasarnya memulai suatu usaha itu tidaklah mudah. Banyak pengorbanan yang harus anda lakukan.

Tips dalam memulai usaha jasa cuci motor:

* Pastikan lokasi anda cukup strategis. Jangan memilih jalur/jalan alternative. Cobalah untuk memilih lokasi dekat dengan pemukiman penduduk.
* Pastikan anda menggunakan air tanah yang tidak mengandung garam. Karena air yang mengandung garam dapat merusak besi-besi pada kendaraan yang anda cuci.
* Pastikan anda tidak menggunakan bahan-bahan kimia yang dapat merusak cat kendaraan.
* Pastikan ketersediaan listrik dan air yang mencukupi. Jika tidak tersedia listrik dari PLN anda bisa menggunakan engine bensin sebagai penggerak semua peralatan usaha cuci motor anda. Jangan menggunakan GENSET pembangkit listrik sebagai sumber utama pasoka listrik anda. Karena hal ini bisa membebani biaya operasional usaha anda.
* Perlakukan karyawan anda sebagai ASSET usaha anda. Karena tanpa adanya karyawan, usaha anda sudah dipastikan akan berakhir.
* Pastikan anda memperhatikan unsur 3P (Product, Price dan Promotion).
* Perlakukan konsumen anda sebagai raja. Ajarkan dan contohkan kepada karyawan anda untuk senantiasa sopan dan murah senyum terhadap konsumen anda.
* Pastikan mengerti tentang seluk beluk semua peralatan yang anda pergunakan. Jangan bergantung pada service center produk yang anda pergunakan. Usahakan anda dapat melakukan perbaikan tanpa bantuan dari Teknisi.
* Jangan membuat analisa usaha yang terlalu berlebihan. Contohnya, anda membuat ROI atau BEP yang terlalu cepat. Karena pada hakekatnya, memulai sebuah usaha adalah perjuangan yang tiada hentinya.
* Cobalah membuka usaha lain yang berdampingan dengan usaha cuci motor milik anda. Contohnya: membuka warung atau kedai minuman, membuka usaha ganti oli, membuka warnet atau game online.
* Berikan kenyamanan kepada konsumen pada ruang tunggu.


http://www.jakartateknik.com/